BAGI YANG BERMINAT ATAU MEMBUTUHKAN SKRIPSI YANG COCOK DENGAN YANG ANDA CRI SILAHKAN POSKAN PESANAN ANDA LEWAT SINI. KAMI MELAYANI SECARA ONLINE ATAU LANGSUNG DATANG SENDIRI KE "CAHAYA.COMP" ALAMAT KANTOR SUMBERBENDO JOGOROTO JOMBANG. 085649-615-631 /0321-698-2119 EMAIL CAHAYA.COMP@YAHOO.CO.ID

Selasa, 24 November 2009

“HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN ISLAM MA AL-ANWAR. PACOLGOWANG DIWEK JOMBANG ”.

BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH 
Dunia pendididkan hususnya pendidikan islam memiliki tugas yang tidak ringan dalam menghadapi era globalisasi sekarang ini, pendidikan adalah masalah yang sangat penting terlebih lagi dalam lajunya pembangunan rasional yang di tuntut adanya generasi yang lebih maju disamping mempersiapkan peserta didik untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan tehnologi (iptek) diharapkan juga mampu meningkatkan keimanan ketakwaan (imtaq) terhadap tuhan yang maha Esa, peningkatan keimanan dan ketakwaan dilakukan untuk mengantisipasi dampak negatif dari perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi pada masa sekarang ini.
Sejalan dengan kemajuan tersebut maka dewasa ini pendidikan disekolah telah menunjukkan perkembangan yang pesat, perubahan dan pembaharuan bukan saja terjadi pada bidang kurikulum, methodologi pengajaran, peralatan dan penilaian pendidikan, tetapi terjadi juga pada bidang atministrasi, organisasi dan personal, bahkan secara keseluruan dapat dikatakan bahwa perubahan itu merupakan pembaharuan dalam sistem pendidikan yang mencakup seluruh komponen yang ada. Perkembangan dan pembaharuan tersebut untuk mencapai pendidikan nasional, dalam arti membentuk manusia Indonesia seutuhnya, sebagai mana rumusan formal, fungsi dan tujuan pendidikan nasional Indonesia dalam undang-undang no 20 tahun 2003, pasal 3 tentang pendididkan nasional adalah sebagai berikut : pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dalam bentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam ragka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab  
Pendidikan merupakan kegiatan sosial, sehingga sangatlah tepat jika diantara lembaga, yayasan dan masyarakat membuka lembaga pendidikan secara non formal (ekstra kurikuler), yang tidak hanya sebagai amal kebaikan semata, tetapi bisa juga sebagai penunjang prestasi pendidikan agama islam kusussnya di MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang dan umumnya disekolah-sekolah formal lainnya, mengingat keterbatasan waktu yang tersedia sedangkan materi pendidikan agama sangatlah banyak dan membutuhkan waktu yang cukup dan sesuaia. 
Dalam realitas diatas maka penulis memilih penelitian dan pembahasan ini karena ingin mengetahui sejauh mana hubungan kegiatan ekstra kurikuler (non formal) dengan tercapainya tujuan pendidikan agama Islam di MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang .
Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis tertarik memilih judul “HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN ISLAM MA AL-ANWAR. PACOLGOWANG DIWEK JOMBANG ”.
B. Penegasan Judul
Penegasan judul adalah definisi yang dapat diukur karena dalam penelitian harus diketahui terjemahan istilah atau konsep yang jelas. Untuk mempermudah dalam pembahasan ini penulis menegaskan istilah-istilah penting yang perlu untuk dipahami. 
Dengan harapan supaya tidak terjadi kesalah pahaman mengenai arti dan maksud dari judul sekripsi “HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA AL-ANWAR. PACOLGOWANG DIWEK JOMBANG” maka penulis perlu memberikan penegasan judul tersebut sebagai berikut :
a. Hubungan : keadaan berhubungan atau dihubungkan. Yang dimaksud dalam sekripsi ini adalah hubungan antara kegiatan ekstra dengan prestasi belajar siswa di MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang. 
b. Ekstra kurikuler : tambahan diluar. Kegiatan ekstra dalam kegiatan ini adalah kegiatan yang bersifat diwajibkan oleh pondok bagi siswa yang berasal dari pondok setelah pulang dari sekolah dengan materi pelajaran yang ada dipondok pesantreen (madrasah diniah) MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang. 
c. Pendidikan agama Islam : pendidikan dengan melalui ajaran Islam yaitu berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar setelah selesai dari pendidikan ia dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam yang diyakini secara menyeluruh. Serta menjadikan ajaran agama Islam sebagai pegangan hidup demi keselamatan dan kesejahteraan hidup didunia dan diahirat. ekstra kurikuler pendidikan agama Islam dalam hal ini adalah kegiatan yang diwajibkan bagi siswa yang beraasal dari pondok setelah pulang dari sekolah. Yang nantinya supaya bisa dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari agar selamat didunia dan diahirat.
d. Prestasi : hasil yang telah dicapai (dilakukan, dikejakan, dsb).  
e. Belajar : Berusaha berlatih supaya mendapat suatu kepandaian. 
f. Siswa : Pelajar , siswa disini adalah anak didik yang yang memenpuh pendidikan di MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang adalah nama sebuah lembaga pendidikan yang setingkat dengan SMA. Dibawah naunagan yayasan yang letakanya di AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang 
C. Rumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka rumusan masalah penelitian tersebut adalah sebagai berikut :
1. Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler siswa kelas II MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang 
2. Adakah hubungan kegiatan Ekstra kurikuler dengan prestasi pendidikan agam Islam siswa kelas II MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang 
D. Tujuan Penelitian.
1. Untuk mengetahui kegiatan ekstra kurikuler di MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang
2. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa di MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang 
3. Untuk mengetahui hubungan kegiatan ekstra kurikuler pendidikan agama Islam dengan prestasi belajar siswa di MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang.
E. Kegunaan Penelitian.
1. Bagi peneliti diharap dapat menjadi masukan pemikiran dan masukan bagi praktisi pendidikan hususnya guru agama. Tentang pentingnya hubungan pengajaran intrakurikuler dan ekstra kurikuler.
2. Bagi kemajuan ilmu diharapkan dapat berguna sebagai bahan pustaka bagi TASWIRUL AFKAR Surabaya. Kususnya fakultas Tarbiyah.
3. Bagi lembaga MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang. Untuk masukan–masukan betapa pentingnya kegiatan ekstra kurikuler yang diperoleh dengan sarana yang memadai. 
F. Hipotesa.
Dalam mengutarkan jawaban sementara untuk permasalahan yang penulis sajikan, dalam hal ini diperlukan adanya sebuah HIPOTESIS, yakni pengamatan coba-coba, yang dibuat setelah menimbang fakta-fakta yang relevan yang dilaporkan oleh penelitian atau yang diobserfasi sendiri. .
Dalam penelitian ini hipotesis dapat diajukan pertanyaan sebagai berikut:
a. Hipotesis Kerja (HA)
Ada hubungan kegiatan ekstra kurikuler pendidikan agama Islam dengan prestasi belajar siswa MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang 
b. Hipotesis Nihil (Ho)
Tidak ada hubungan kegiatan ekstra kurikuler pendidikan agama Islam dengan prestasi belajar siswa MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang.
G. Asumsi.
Asumsi adalah anggapan dasar yang dianggap benar dan tidak perlu dibuktikan lagi. Dalm penyusunan skripsi ini penulis mengajukan asumsi-asumsi sebagai berikut :
1. kegiatan ekstra kurikuler pendidikan agama Islam sangat mendukung prestasi belajar siswa.
2. dengan kegiatan ekstra kurikuler pendidikan agama Islam prestasi siswa semakin baik.
H. Methodologi dan prosedur penelitian.
1. Methodologi penelitian.
a. Methode pengumpulan data.
1. Methode angket. 
  Mehode angket adalah daftar pertanyaan yang didistribusikan melalui pos untuk diisi siswa dan dikembalikan atau dijawab dibawah pengawasan peneliti. 
2. Methode ofserfasi
Methode ofserfasi adalah sebuah pengamatan yang berarti proses dimana peneliti melihat situasi penelitian. Adapun penelitian ini penulis menggunakan dua pengamatan yaitu :
Pengamatan non stuktural yaitu pengamatan melihat langsung pada kejadian dan yang kedua pengamatan stuktural yaitu pengamatan yang menggunakan pedoman tujuan penelitian
 Pedoman ini membatasi masalah yang diamati yaitu kejadian-kejadian atau tingkah laku yang relevan dengan masalah masalah yang dicatat. 
3. Methode intervew / wawancara.
Methode interview / wawacara adalah bentuk komunikasi verbal. Dari methode ini penulis memperoleh data-data sebagai berikut.
a. Data yang berkaitan dengan MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang.
b. Data tentang kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agam islam.
c. Data tentang tanngungjawab kepala sekolah MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang.
4. Methode dokumentasi.
Methode dokumentasi adalah segala macam bahan yang tertulis. Yang berupa buku dan dokumentar yang lain.
Hasil dari methode ini untuk memperoleh informasi tentang gambaran obyek penelitian yang meliputi: sejarah berdirinya MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang
5. Methode analisa data.
Methode analisa data adalah pengelompokan, membuat urutan, memanipulasi sesuatu yang menyangkut data sehingga mudah untuk dibaca. Dalam hal ini penulis menggunakan data kuwantitatif. Kemudian dari data-data yang sudah terkumpul dianalisis yang selanjutnya menghasilkan statistik. Dalam hal ini peneliti menggunakan tiga rumus yaitu :
a. Rumus prosentase.
Rumus ini digunakan untuk menentukan prosentase jumlah sub-sub populasi dari populasi yangditeliti. Adapun rumusnya adalah sebagai berikut :
 
keterangan :
P = Presentasi
F = frekwensi
N = jumlah indifidu / responden.
Sedangkan ketetuan hasil penghitungan adalah sebagai berikut:
A = baik jika hasilnya antara 76 – 100 %
B = cukup jika hasilnya antara 46 – 75 %
C = kurang jika hasilnya antara 0 – 45 %. 
b. Rumus rata-rata hitung. (Mean)
Rumus rata-rata hitung digunakan untuk menggambarkan karakteristik suatu kelompok tertentu.  
Rumusan ini digunakan untuk menganaisis data tentang frekwensi kegiatan ekstrakurikuler dan perestasi belajar siswa MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang dengan menggunakan rumus sebagai berikut: 
 
KETERANGAN :
MX = rata-rata hitung.
∑x = total nilai 
N = jumlah responden
c. Rumus product momen angka kasar.
Rumus ini digunakan untuk mengetahui korelasi antara frekwensi kegiatan ekstrakurikuler dengan prestasi belajar siswa MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang, dengan menggunkan rumus sebagai berikut :
  
Dimana diketahui :
  : Koefisien korelasi antara X dan Y.
  : Product dari penjumlahan x.
  : Product dari penjumlahan y.
  : Product dari perkalian antara x dengan y. 
Sedangkan untuk mengukur sejauh mana frekwensi kegiatan ekstrakurikuler dengan prestasi belajar siswa MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang. Maka digunakan tabel perbadingan nilai “r”. 
d. Prosedur Penelitian 
1. Populasi.
Populasi adalah keseluruhansubyek penelitian (penduduk, siswa) yang di maksudkan untuk diselidiki disebut populasi atau universum. Populasi dibatasi sebagai sejumlah pendudduk atau individu yang paling sedikit mempunyai satu sifat yang sama. 
Sampel : sebagian dari populasi disebut sampel. Sampel adalah sejumlah penduduk (siswa ) yang jumlahnya kurang dari jumlah populasi. Juga sampel harus mempunyai paling sedikit satu sifat yang sama, baik sifat kodrat maupun sifat kehususan. Proporsi dari sampel, yaitu perimbangan antara jumlah sampel dan jumlah populasi, mungkin sangat besar, mungkin sangat kecil.  
Kalau jumlah murid laki-laki adalah 100 siswa dan kita menyelidiki 70 siswa diantaranya, perbedaan antara sampel yang kita selidiki dengan populasi, untuk kesimpulan hendak kita generalisasikan, hanya 70 siswa. proporsi sampel kita adalah 0,70. akan tetapi kalau kita bermaksud menyelidiki hanya 10 siswa diantara 100 siswa itu, proporsi sampel kita adalah 0,10. berapa besar yang sebaiknya proporsi sampel yang kita selidiki, tergantung kepada macam-macam faktor pertimbangan.
Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini supaya tidak melebar dan tidak menyimpang dari tujuan yang telah disebutkan diatas, maka penulis membatasi pembahasan dalam skripsi ini. Adalah sebagai berikut : 
1. Yang menjadi penelitian adalah MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang.
2. Siswa kelas dua yang berasal dari pondok.
3. Maslah yang diteliti adalah hubungan kegiatan ekstra kurkuler dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam.
4. Ekstrakurikuler yangdimaksud disini adalah kegiatan yang diwajibkan oleh pondok bagi siswa yang berasal dari pondok setalah pulang dari sekolah (madrasah diniah) 
Kemudian sifat populasinya adalah hitrogen yaitu kelas dua MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang adapun rincian populasi dan penelitian ini adalah kelas dua.
2. Sampel.
Sampel adalah sebagaian atau wakil populasi yang di teliti. Karena mengikuti banyaknya populasi dan penelitian ini dan terbatasnya tenaga, waktu dan materi yang kurang memungkinkan jika meneliti populasi secara keseluruhan, untuk menjangkau hal ini peneliti menggunakan tehnik sampling. Yakni mengambil dari sebagaian populasi sebagian populasi sebagai wakil dan populasi tersebut, tehnik sampling yang digunakan adalah statified mengikat obyeknya bertingkat. Untuk memperoleh sampel ang respontif, pengambilan sampel ditentukan sebanding dengan banyaknya subyek.
3. Variabel penelitian.
Variabel penelitian adalah obyek penelitian, titik perhatian suatu penelitian, variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas dan variabel terikat.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kegiatan ekstrakurikuler pendididkan agama Islam dengan indikator materi dalam pondok (madrasah diniah) AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang.
I. Sistematika pembahasan
Untuk mempermudah dalam pembahasan ini maka penulis membangi menjadi lima bab yang tertera sebagai berikut :
BAB I : Pendahuluan yang terdiri dari : latar belakang masalah,
  Penegasan judul, rumusan masalah, tujuan penelitian, kegunaan penelitian, hiotesis asumsi, methode dan prosedur penelitian, sistematika pembahasan.
BAB II : Kajian pustaka yang terdiri dari : tinjauan tentang kegiatan ekstra kurikuler pendidikan agama Islam yang terdiri dari sub bab: pengertian kegiatan ekstra kurikuler pendidikan agama islam, asas-asas dan bentuk-bentuk kegiatan ekstra kurikuler pendidikan agama Islam, materi dan tujuan pendidikan agama Islam, langkah dan tujuan kegiatan ekstra kurikuler pendidikan agama Islam, tinjauan terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam. Yang terdiri dari sub bab : pengertian prestsi belajar siswa, faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, jenis-jenis prestasi belajar, fungsi preestsi belajar, serta diuraikan pula tentang hubungan kegiatan ekstra kurikuler pendidikan agama Islam dengan prestasi belajar siswa.
BAB III : Pemaparan hasil penelitian yang terdiri dari : gambaran umum obyek penelitian yang terdidiri dari : sejarah berdirinya MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang. Letak geografi, struktur organisasi. Keadaan siswa dan guru, keadaan sarana dan prasarana lokasi denah.
BAB IV : Analisa data.
BAB V : Penutup yang terdiri dari : kesimpulan dan saran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUASKAH ANDA DAPATKAN DATA KAMI?

GAMBAR

GAMBAR
AKU LG SEDIH