BAGI YANG BERMINAT ATAU MEMBUTUHKAN SKRIPSI YANG COCOK DENGAN YANG ANDA CRI SILAHKAN POSKAN PESANAN ANDA LEWAT SINI. KAMI MELAYANI SECARA ONLINE ATAU LANGSUNG DATANG SENDIRI KE "CAHAYA.COMP" ALAMAT KANTOR SUMBERBENDO JOGOROTO JOMBANG. 085649-615-631 /0321-698-2119 EMAIL CAHAYA.COMP@YAHOO.CO.ID

Rabu, 25 November 2009

KORELASI ANTARA KETELADANAN ORANG TUA DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA DI MI MIFTAHUL ULUM JARAK KULON JOGOROTO JOMBANG

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang 

Pada dasarnya lingkungan hidup adalah yang di kenal oleh anak pertama dan utama adalah lingkungan keluarga.Dimana lingkungan keluarga memberikan pengalaman-pengalaman serta memberikan tantangan pada anak supaya anak dapat menyusuaikan diri terhadap lingkungan hidupnya.Dan lingkunga keluarga juga merupakan sumber anak untuk memperoleh pendidikan dan berbagai macam inspirasi.Akan tetapi kehidupan anak tidak hanya dilingkungan keluarga.Sisa waktu anak juga dilalui di sekolah dan di masyarakat. Dilingkungan hidupnya tersebut,anak tidak lepas dari berbagai masalah yang timbul sebagai akibat dari hubungan atau interaksi anak dengan lingkungan sosiak sekitarnya inilah yang pada akhirnya turut membentuk sikap sosial anak.
Sikap sosial secara umum adalah hubungan antara manusia dengan manusia yang lain, saling ketergantungan dengan manusia yang lain dalam berbagai kehidupan bermasyarakat. Sedang pendapat lain mengatakan interaksi dikalangan manusia; interaksi adalah komunikasi dengan manusia lain, hubungan yang menimbulkan perasaan sosial yaitu perasaan yang mengikatkan individu dengan sesama manusia, perasaan hidup bermasyarakat, seperti saling tolong-menolong,saling memberi dan menerima, simpati dan anti pati rasa setia kawan dan sebagainya.
Dalam lingkungan hidup bermasyarakat anak tidak lepas dari berbagai macam tantangan dan kesulitan yang biasanya timbul selama bertahun-tahun dalam perkembangan menuju kedewasaanya. Diantaranya dalam hal bergaul,berinteraksi menyesuaikan diri dengan lingkungan,berkerjasama,tidak egois, dan lain sebagainya. Dilingkungan sekolah misalnya anak banyak mendapat kesulitan dalam hal bergaul sesama teman, kesulitan menerima pelajaran,kesulitan dalam menerima peraturan sekolah yang mengikat dan sebagainya. 1
Maka untuk mengatasi problem-problem sosial tersebut dan untuk membentuk sikap sosial yang positif seperti kecenderungan mudah bergaul, dapat berinteraksi dengan baik,menghormati,menghargai dan mampu berkerjasama, memiliki tanggung jawab, percaya diri dan simpati anak memerlukan bantuan adanya bimbingan seorang guru di sekolah, tidaklah cukup dalam membentuk sikap sosial anak yang positif, tanpa adanya keteladanan yang baik,pendidikan anak tidak akan berhasil dan nasihat tidak akan berpengaruh, disamping itu keteladanan dalam pendidikan merupakan metode yang berpengaruh dan terbukti paling berhasil dalam mempersiapkan dan membentuk aspek moral, spiritual dan etos sosial anak.
Anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, akan tetapi fitrah tersebut tidak akan berkembang dengan baik kalau tidak ada usaha orang tua, untuk memelihara, mengembangkan serta mengarahkan, oleh karena itu orang tua yang baik adalah orang tua yang selalu dapat memberikan pimpinan, termasuk dalam hal bersikap sosial. Orang tua adalah pembimbing yang harus dihormati dan diteladani dalam segala sikap dan tingkah lakunya, selama tingkah laku orang tua tidak menyimpang dari norma-norma agama dan norma masyarakat.
Hal ini sesuai dengan hadist yamg diriwayatkan oleh Imam muslim dalam shohih muslim juz 11, sebagai berikut:  




 “Tidaklah anak yang dilahirkan itu, kecuali telah membawa (fitrah atau kecenderungan untuk percaya kepada Allah), maka kedua orangtuanyalah yang menjadikan anak tersebut beragama Yahudi atau Nasrani atau Majusi.”2 (HR.Muslim).2


Sikap sosial dan keteladanan seperti suatu sebab akibat artinya tidak akan terbentuk sikap sosial yang baik jika tidak ada keteladanan yang baik, keteladanan yang diberikan orang tua terhadap anaknya merupakan suatu proses pendidikan langsung dan paling efektif diterapkan dikeluarga. Dengan keteladanan itu diharapkan anak didik akan mencontoh atau meniru segala sesuatu yang baik dalam perkataan dan perbuatan pendidiknya. Banyak sekali keteladanan yang perlu ditampilkan orang tua dalam kehidupan sehari-hari seperti orang tua selalu berprilaku sabar, ramah, menjahui larangan Allah dan mengerjakan segala perintahnya, dermawan, disiplin kerja, dan waktu, kebersihan dan hidup sehat, jujur serta perbuatan amal baik lainnya, karena dengan keteladanan anak didik hanya sekedar menganggap ucapan makna dari pendidiknya tertuju justru dari keseluruhan pribadi yang tergambar pada sikap tingkah laku pendidiknya. 
Abdullah Nasih Ulwan menjelaskan bahwa ketika kedua orang tua menginginkan sang anak tumbuh dalam kejujuran, amanah, menjauhkan diri dari perbuatan yang tidak diridhoi agama, kasih sayang, makna hendaklah kedua orang tua memberikan teladan misalnya dalam berbuat kebaikan, menjauhi kejahatan, meninggalkan kehinaan, mengikuti yang hak, meninggalkan yang bathil.3


Dengan demikian keteladanan orang tua merupakan factor penting dalam menentukan sikap sosial anak, yang dalam pelaksanaannya memerlukan bantuan-bantuan pihak dari luar lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat.
Akan tetapi beberapa fenomena yang kita hadapi sering bertentangan dengan teori tersebut misalnya masih ada siswa yang suka membolos, tidak mematuhi peraturan sekolah, bersikap arogan karena pengaruh temannya, sulit bergaul kerena perasaan minder (tidak percaya diri) dan tidak suka tolong-menolong (tidak setia kawan) karena egonya. 
Oleh karena itu Peneliti tertarik meneliti lebih dalam mengenai “korelasi antara keteladanan orang tua terhadap sikap sosial siswa di MI Miftahul Ulum Jarak kulon Jogoroto Jombang Tahun 2005/2006
B. RUMUSAN MASALAH
Berbijak dari latar belakang penelitian ini, maka dapat diambil beberapa rumusan masalah sebagai berikut: 
1. Bagaimanakah keteladanan orang tua di MI Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang ?
2. bagaimanakah sikap sosial siswa di MI Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang ?
3. apakah terdapat korelasi antara keteladanan orang tua terhadap sikap sosial siswa di MI Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang ?

C. TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan penelitian yang akan dicapai pada penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui keteladanan orang tua di MI Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang.
2. untuk mengetahui sikap sosial siswa di MI Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang.
3. untuk mengetahui korelasi antara keteladanan orang tua terhadap sikap sosial siwa di Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang.

D. KEGUNAAN PENELITIAN
Adapun kegunaan penelitian tersebut adalah sebagai berikut:
1. Secara teoritis.
Dalam penelitian ini setidaknya dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan khususnya tentang keteladanan orang tua terhadap sikap sosial siswa.
2. Secara praktis
Dapat memberika informasi tentang keteladanan orang tua terhadap sikap sosial siswa khususnya di Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang dan umumnya bagi masyarakat luas atau Peneliti lain yang masalahnya berhubungan dengan penelitian ini.

E. HIPOTESIS PENELITIAN
Hipotesa berasal dari dua penggalan kata, yaitu “hypo” yang artinya “dibawah” dan “teas” yang artinya “kebenaran” jadi hipotesis adalah suatu jawaban yang bersifat sementara terhadap permasalahan penelitian, sampai terbukti melalui data yang terkumpul.4
Menurut Amirman Yousda dalam bukunya: “Penelitian dan Statistik Pendidikan menjelaskan bahwa hipotesis suatu jawaban sementara yang perlu diuji kebenaranya.”5
Jadi hipotesis dalam penelitian ini adalah “hipotesis kerja” (Ha) yang berarti ada / terdapat korelasi antara keteladanan orang tua terhadap sikap sosial siswa di Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang 2005/2006
F. BATASAN OPERASIONAL
Untuk memperjelas makna variabel-variabel penelitian ini agar terhindar dari kesalahan persepsi, maka adanya batasan operasional bagi setiab fariabel,yaitu sebagai berikut:
1. Variabel independen keteladanan orang tua.
Keteladanan keteladanan yang dimaksud adalah keseluruhan aspek kehidupan pada diri orang tua yang meliputi,ibadah,puasa,prilaku: sikap,tingkah laku,cara berinteraksi, bicara: bismillah,alhamdulillah,dan segala sesuatu yang baik menurut ajaran islam yang dapat ditiru dan dicontoh anak dalam kehidupan sehari-hari.
2. Variabel dependen sikap sosial siswa.
Variabel sikap sosial siswa ini adalah kencenderungan-kecenderungan yang dimiliki oleh siswa yangt menyangkut tiga aspek psikologi yaitu aspek kognitif,efektif,psikomotorik (kreatif) dalam menghadapi atau menanggapi lingkungan sosialnya, yang mana kecerendungan tersebut secara garis besar terbagi menjadi dua yaitu krearah positif, kecenderungan menghormati, menghargai,simpati dan lain-lain. Sedangkan yang kearah negatif yaitu kecenderungan untuk membiarkan,menentang,tidak perduli (anti pati) terhadap obyek sosial yang dipahami. Dalam hal ini yang dimaksud dengan lingkungan sosial adalah lingkungan keluarga,lingkungan sekolah dan masayarakat.
G. Sistematika pembahasan
  Untuk memudahkan dalam uraian penelitian ini,maka diperlukan sistimatika pembahasan sebagai berikut:  

BAB I : PENDAHULUAN
Dalam bab ini menguraikan tentang latar belakang masalah,rumusan masalah,tujuan penelitian,kegnaan penelitian,hipotesis penelitian,batasan oprasional,sistematika pembahassan.
 
BAB II : KAJIAN PUSTAKA
Yang berisikan antara lain: pengertian keteladanan orang tua,fungsi keteladanan orang tua, aktivitas keteladanan orang tua dengan sikap sosial siswa. Pengertian sikap sosial siswa,pembentukan dan perubahan sika,dan pentingnya siksp sosial bagi siswa.
Bahasan tentang keteladanan orang tua dengan sikap sosial siswa.

BAB III : METODOLOGI PENELITIAN
Dalam hal ini membahas tentang metode penelitian populasi dan sampel,metode pengumpulan data,dan metode analisis data.

BAB IV : HASIL PENELITIAN
  Dalam bab ini meliputi kesimpulan uraian–uraian dan pembahasan-pembahasan. Disamping itu juga saran-saran sebagai masukan (kritik) terhadap permasalahan tersebut.

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUASKAH ANDA DAPATKAN DATA KAMI?

GAMBAR

GAMBAR
AKU LG SEDIH