BAGI YANG BERMINAT ATAU MEMBUTUHKAN SKRIPSI YANG COCOK DENGAN YANG ANDA CRI SILAHKAN POSKAN PESANAN ANDA LEWAT SINI. KAMI MELAYANI SECARA ONLINE ATAU LANGSUNG DATANG SENDIRI KE "CAHAYA.COMP" ALAMAT KANTOR SUMBERBENDO JOGOROTO JOMBANG. 085649-615-631 /0321-698-2119 EMAIL CAHAYA.COMP@YAHOO.CO.ID

Rabu, 25 November 2009

STUDI TENTANG PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DI BIDANG BAHASA ARAB TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB DI MTs. NURUL QUR’AN DUSUN BENDUNGREJO D

ABSTRAKS

Kegiatan penelitian ini dilatarbelakangi oleh Undang-Undang RI. No. 2 Tahun 1989 pasal 4 serta adanya pemikiran bahwa cara-cara belajar siswa khususnya siswa MTs. Nurul Qur’an Bendungrejo Jogoroto Jombang tahun pelajaran 2004 / 2005 kurang efektif dan efisien, sehingga perlu adanya inovasi dalam belajar, baik belajar mandiri maupun belajar secara kelompok, baik di rumah maupun di sekolah.
Adapun permasalahan yang hendak dijawab dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh kedisiplinan siswa di bidang bahasa Arab terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Arab di MTs. Nurul Qur’an Bendungrejo Jogoroto Jombang tahun pelajaran 2004 / 2005. Untuk itu perlu adanya penelitian yang lebih cermat dan komprehensip, sehingga diperoleh jawaban yang sesuai dengan tujuan dilaksanakannya penelitian ini, yaitu mendapatkan gambaran yang konkrit mengenai pengaruh kedisiplinan siswa di bidang bahasa Arab terhadap kemampuan berbahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs. Nurul Qur’an Bendungrejo Jogoroto Jombang yang berjumlah 300 siswa. Dari jumlah populasi 300 siswa, ditetapkan 25 % dari jumlah tersebut digunakan sebagai sampel penelitian yaitu sebesar 75 siswa. Jadi responden yang menjadi obyek penelitian adalah sejumlah 75 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan data yang diperoleh, dianalisis dengan analisis statistik kuantitatif dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat.
Hasil perhitungan analisis statistik dengan rumus Chi Kuadrat didapatkan nilai X2 sebesar 29,00 yang lebih besar dari nilai tabel harga kritik Chi Kadrat, baik dalam taraf signifikan 1% mapun 5%. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Adapun apabila dilihat dari prosentase pengaruh, maka pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) termasuk dalam kategori “cukup” dengan nilai prosentase 70,67%. Dengan demikian dari keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kedisiplinan siswa di bidang bahasa Arab, maka akan semakin berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Arab.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUASKAH ANDA DAPATKAN DATA KAMI?

GAMBAR

GAMBAR
AKU LG SEDIH