BAGI YANG BERMINAT ATAU MEMBUTUHKAN SKRIPSI YANG COCOK DENGAN YANG ANDA CRI SILAHKAN POSKAN PESANAN ANDA LEWAT SINI. KAMI MELAYANI SECARA ONLINE ATAU LANGSUNG DATANG SENDIRI KE "CAHAYA.COMP" ALAMAT KANTOR SUMBERBENDO JOGOROTO JOMBANG. 085649-615-631 /0321-698-2119 EMAIL CAHAYA.COMP@YAHOO.CO.ID

Rabu, 25 November 2009

“HUBUNGAN MADRASAH DINIYAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MA AL-ANWAR. PACOLGOWANG DIWEK JOMBANG ”.

BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH 
Dunia pendididkan hususnya pendidikan islam memiliki tugas yang tidak ringan dalam menghadapi era globalisasi sekarang ini, pendidikan adalah masalah yang sangat penting terlebih lagi dalam lajunya pembangunan rasional yang di tuntut adanya generasi yang lebih maju disamping mempersiapkan peserta didik untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan tehnologi (iptek) diharapkan juga mampu meningkatkan keimanan ketakwaan (imtaq) terhadap tuhan yang maha Esa, peningkatan keimanan dan ketakwaan dilakukan untuk mengantisipasi dampak negatif dari perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi pada masa sekarang ini.
Sejalan dengan kemajuan tersebut maka dewasa ini pendidikan disekolah telah menunjukkan perkembangan yang pesat, perubahan dan pembaharuan bukan saja terjadi pada bidang kurikulum, methodologi pengajaran, peralatan dan penilaian pendidikan, tetapi terjadi juga pada bidang atministrasi, organisasi dan personal, bahkan secara keseluruan dapat dikatakan bahwa perubahan itu merupakan pembaharuan dalam sistem pendidikan yang mencakup seluruh komponen yang ada. Perkembangan dan pembaharuan tersebut untuk mencapai pendidikan nasional, dalam arti membentuk manusia Indonesia seutuhnya, sebagai mana rumusan formal, fungsi dan tujuan pendidikan nasional Indonesia dalam undang-undang no 20 tahun 2003, pasal 3 tentang pendididkan nasional adalah sebagai berikut : pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dalam bentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam ragka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab  
Pendidikan merupakan kegiatan sosial, sehingga sangatlah tepat jika diantara lembaga, yayasan dan masyarakat membuka lembaga pendidikan secara non formal (ekstra kurikuler), yang tidak hanya sebagai amal kebaikan semata, tetapi bisa juga sebagai penunjang prestasi pendidikan agama islam kusussnya di MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang dan umumnya disekolah-sekolah formal lainnya, mengingat keterbatasan waktu yang tersedia sedangkan materi pendidikan agama sangatlah banyak dan membutuhkan waktu yang cukup dan sesuaia. 
Dalam realitas diatas maka penulis memilih penelitian dan pembahasan ini karena ingin mengetahui sejauh mana hubungan antara Madrasah Diniyah dengan prestasi belajar siswa di MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang.
Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis tertarik memilih judul “HUBUNGAN MADRASAH DINIYAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MA AL-ANWAR. PACOLGOWANG DIWEK JOMBANG ”.
B. Rumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka rumusan masalah penelitian tersebut adalah sebagai berikut :
1. Adakah hubungan pendidikan Madrasah Diniyah dengan prestasi siswa MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang.
2. Apa hubungannya pendidikan Madrasah Diniyah dengan prestasi siswa MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang 
3. sejauh mana hubungan pendidikan Madrasah Diniyah dengan prestasi siswa MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang
C. Tujuan Penelitian.
1. Untuk mengetahui kegiatan belajar Madrasah Diniyah AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang
2. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa di MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang 
3. Untuk mengetahui hubungan kegiatan Madrasah Diniyah dengan prestasi belajar siswa di MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang.
D. Penegasan Judul.
Penegasan judul adalah definisi yang dapat diukur karena dalam penelitian harus diketahui terjemahan istilah atau konsep yang jelas. Untuk mempermudah dalam pembahasan ini penulis menegaskan istilah-istilah penting yang perlu untuk dipahami. 
Dengan harapan supaya tidak terjadi kesalah pahaman mengenai arti dan maksud dari judul sekripsi “HUBUNGAN MADRASAH DINIYAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MA AL-ANWAR. PACOLGOWANG DIWEK JOMBANG ” maka penulis perlu memberikan penegasan judul tersebut sebagai berikut :
HUBUNGAN : keadaan berhubungan atau dihubungkan. Yang dimaksud dalam sekripsi ini adalah hubungan antara kegiatan ekstra dengan prestasi belajar siswa di MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang. 
MADRASAH DINIYAH : sekolah husus agama. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di dalam pondok pessanteren guna untuk memperoleh pengetahuan husus agama dan moral serta etika hidup bermasyarakat, kegiatan ini adalah kegiatan yang bersifat diwajibkan oleh pondok bagi siswa yang berasal dari pondok setelah pulang dari sekolah. 
PRESTASI : hasil yang telah dicapai (dilakukan, dikejakan, dsb).  
BELAJAR : Berusaha berlatih supaya mendapat suatu kepandaian. 
SISWA : Pelajar , siswa disini adalah anak didik yang yang memenpuh pendidikan di MA AL-ANWAR. Sedangkan MA AL-ANWAR adalah nama sebuah lembaga pendidikan yang setingkat dengan SMA. Dibawah naunagan yayasan yang letakanya di AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang 
E. Alasan Memilih Judul.
a. MA Al-ANWAR merupakan sekolah terbesar dan terbanyak siswanya sekecamatan Diwek.
b. MA AL-ANWAR Pacolgowang tersebut juga menerima siswa dari berbagai daerah, karena selain siswa dari masyarakat sekitar juga banyak siswa yang dari luar kabupaten. yaitu anak dari pondok yang mayoritas santrinya dari luar daerah.
c. Selain siswa dari pondok dan dari MTs “Al-Anwar” juga menerima siswa dari MTs lain, dan juga menerima siswa dari SMP yang jumlahnya hampir sama dengan siswa yang berasal dari MTs.
d. Selain itu pula peneliti memilih MA AL-ANWAR sebagai tempat penelitian karena MA AL-ANWAR tersebut adalah tempat dimana peneliti pernah menimba ilmu dan belajar pada waktu sekolah tingkat atas. Sehingga peneliti setidak-tidaknya mengetahui sedikit banyak sepak terjang sekolah tersebut.
e. selain itu pula lokasi penelitian tersebut letaknya tidak jauh dari rumah peneliti. Sehingga tempat tersebut dianggap oleh peneliti tempat yang strategis dan mudah dijangkau dan tidak terlalu memakan banyak biaya. 
F. Kegunaan Penelitian.
1. Bagi peneliti diharap dapat menjadi masukan pemikiran dan masukan bagi praktisi pendidikan hususnya guru agama. Tentang pentingnya hubungan pengajaran intrakurikuler dan ekstra kurikuler.
2. Bagi kemajuan ilmu diharapkan dapat berguna sebagai bahan pustaka bagi TASWIRUL AFKAR Surabaya. Kususnya fakultas Tarbiyah.
3. Bagi lembaga MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang. Untuk masukan–masukan betapa pentingnya kegiatan ekstra kurikuler(Madrasah Diniyah) yang diperoleh dengan sarana yang memadai. 
G. Hipotesis Penelitian.
Dalam mengutarkan jawaban sementara untuk permasalahan yang penulis sajikan, dalam hal ini diperlukan adanya sebuah HIPOTESIS, yakni pengamatan coba-coba, yang dibuat setelah menimbang fakta-fakta yang relevan yang dilaporkan oleh penelitian atau yang diobserfasi sendiri. .
Dalam penelitian ini hipotesis dapat diajukan pertanyaan sebagai berikut:
a. Hipotesis Kerja (HA)
Ada hubungan Madrasah Diniyah dengan prestasi belajar siswa MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang 
b. Hipotesis Nihil (Ho)
Tidak ada hubungan Madrasah Diniyah dengan prestasi belajar siswa MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang.
H. Asumsi.
Asumsi adalah anggapan dasar yang dianggap benar dan tidak perlu dibuktikan lagi. Dalm penyusunan skripsi ini penulis mengajukan asumsi-asumsi sebagai berikut :
1. Ada hubungan yang erat antara Madrasah Diniyah dengan prestasi belajar siswa MA AL-ANWAR Pacolgowang Diwek Jombang
2. Madrasah Diniyah sangat mendukung prestasi belajar siswa MA AL-ANWAR Pacolgowang Diwek Jombang .
3. Dengan Madrasah Diniyah prestasi siswa semakin baik.
I. Methodologi dan prosedur penelitian. 
a. Methode pengumpulan data.
1. Methode angket. 
Mehode angket adalah daftar pertanyaan yang didistribusikan melalui pos untuk diisi siswa dan dikembalikan atau dijawab dibawah pengawasan peneliti. 
2. Methode ofserfasi
Methode ofserfasi adalah sebuah pengamatan yang berarti proses dimana peneliti melihat situasi penelitian. Adapun penelitian ini penulis menggunakan dua pengamatan yaitu :
Pengamatan non stuktural yaitu pengamatan melihat langsung pada kejadian dan yang kedua pengamatan stuktural yaitu pengamatan yang menggunakan pedoman tujuan penelitian
 Pedoman ini membatasi masalah yang diamati yaitu kejadian-kejadian atau tingkah laku yang relevan dengan masalah masalah yang dicatat. 
3. Methode interview / wawancara.
Methode interview / wawacara adalah bentuk komunikasi verbal. Dari methode ini penulis memperoleh data-data sebagai berikut.
a. Data yang berkaitan dengan MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang.
b. Data tentang kegiatan Madrasah Diniyah .
c. Data tentang tanngungjawab kepala sekolah MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang.
4. Methode dokumentasi.
Methode dokumentasi adalah segala macam bahan yang tertulis. Yang berupa buku dan dokumentar yang lain.
Hasil dari methode ini untuk memperoleh informasi tentang gambaran obyek penelitian yang meliputi: sejarah berdirinya MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang
5. Methode analisa data.
Methode analisa data adalah pengelompokan, membuat urutan, memanipulasi sesuatu yang menyangkut data sehingga mudah untuk dibaca. Dalam hal ini penulis menggunakan data kuwantitatif. Kemudian dari data-data yang sudah terkumpul dianalisis yang selanjutnya menghasilkan statistik. Dalam hal ini peneliti menggunakan tiga rumus yaitu :
a. Rumus prosentase.
Rumus ini digunakan untuk menentukan prosentase jumlah sub-sub populasi dari populasi yangditeliti. Adapun rumusnya adalah sebagai berikut :
 
keterangan :
P = Presentasi
F = frekwensi
N = jumlah indifidu / responden.
Sedangkan ketetuan hasil penghitungan adalah sebagai berikut:
A = baik jika hasilnya antara 76 – 100 %
B = cukup jika hasilnya antara 46 – 75 %
C = kurang jika hasilnya antara 0 – 45 %. 
b. Rumus rata-rata hitung. (Mean)
Rumus rata-rata hitung digunakan untuk menggambarkan karakteristik suatu kelompok tertentu.  
Rumusan ini digunakan untuk menganaisis data tentang frekwensi kegiatan ekstrakurikuler dan perestasi belajar siswa MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang dengan menggunakan rumus sebagai berikut: 
 
KETERANGAN :
MX = rata-rata hitung.
∑x = total nilai 
N = jumlah responden
c. Rumus product momen angka kasar.
Rumus ini digunakan untuk mengetahui korelasi antara frekwensi kegiatan ekstrakurikuler dengan prestasi belajar siswa MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang, dengan menggunkan rumus sebagai berikut :
  
Dimana diketahui :
  : Koefisien korelasi antara X dan Y.
  : Product dari penjumlahan x.
  : Product dari penjumlahan y.
  : Product dari perkalian antara x dengan y. 
Sedangkan untuk mengukur sejauh mana frekwensi kegiatan ekstrakurikuler dengan prestasi belajar siswa MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang. Maka digunakan tabel perbadingan nilai “r”. 
b. Prosedur Penelitian 
1. Populasi.
Populasi adalah keseluruhansubyek penelitian (penduduk, siswa) yang di maksudkan untuk diselidiki disebut populasi atau universum. Populasi dibatasi sebagai sejumlah pendudduk atau individu yang paling sedikit mempunyai satu sifat yang sama. 
Sampel : sebagian dari populasi disebut sampel. Sampel adalah sejumlah penduduk (siswa ) yang jumlahnya kurang dari jumlah populasi. Juga sampel harus mempunyai paling sedikit satu sifat yang sama, baik sifat kodrat maupun sifat kehususan. Proporsi dari sampel, yaitu perimbangan antara jumlah sampel dan jumlah populasi, mungkin sangat besar, mungkin sangat kecil.  
Kalau jumlah murid laki-laki adalah 100 siswa dan kita menyelidiki 70 siswa diantaranya, perbedaan antara sampel yang kita selidiki dengan populasi, untuk kesimpulan hendak kita generalisasikan, hanya 70 siswa. proporsi sampel kita adalah 0,70. akan tetapi kalau kita bermaksud menyelidiki hanya 10 siswa diantara 100 siswa itu, proporsi sampel kita adalah 0,10. berapa besar yang sebaiknya proporsi sampel yang kita selidiki, tergantung kepada macam-macam faktor pertimbangan.
Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini supaya tidak melebar dan tidak menyimpang dari tujuan yang telah disebutkan diatas, maka penulis membatasi pembahasan dalam skripsi ini. Adalah sebagai berikut : 
1. Yang menjadi penelitian adalah MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang.
2. Siswa yang berasal dari pondok.
3. Masalah yang diteliti adalah hubungan kegiatan Madrasah Diniyah dengan prestasi belajar.
4. Prestasi siswa MA AL-ANWAR yang mengikuti kegiatan Madrasah Diniyah. 
Kemudian sifat populasinya adalah hitrogen yaitu kelas dua MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang adapun rincian populasi dan penelitian ini adalah anak pondok.
2. Sampel.
Sampel adalah sebagaian atau wakil populasi yang di teliti. Karena mengikuti banyaknya populasi dan penelitian ini dan terbatasnya tenaga, waktu dan materi yang kurang memungkinkan jika meneliti populasi secara keseluruhan, untuk menjangkau hal ini peneliti menggunakan tehnik sampling. Yakni mengambil dari sebagaian populasi sebagian populasi sebagai wakil dan populasi tersebut, tehnik sampling yang digunakan adalah statified mengikat obyeknya bertingkat. Untuk memperoleh sampel ang respontif, pengambilan sampel ditentukan sebanding dengan banyaknya subyek.
3. Variabel penelitian.
Variabel penelitian adalah obyek penelitian, titik perhatian suatu penelitian, variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas dan variabel terikat.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Madrasah Diniyah dengan indikator materi dalam pondok (madrasah diniah) AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang.
 
J. Sistematika pembahasan
Untuk mempermudah dalam pembahasan ini maka penulis membangi menjadi lima bab yang tertera sebagai berikut :
BAB I : Pendahuluan yang terdiri dari : latar belakang masalah, Penegasan judul, rumusan masalah, tujuan penelitian, kegunaan penelitian, hiotesis asumsi, methode dan prosedur penelitian, sistematika pembahasan.
BAB II : Kajian pustaka yang terdiri dari : tinjauan tentang Madrasah Diniyah yang terdiri dari sub bab: pengertian Madrasah Diniyah, materi dan tujuan pendidikan Madrasah Diniyah, langkah dan tujuan kegiatan Madrasah Diniyah, tinjauan terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam. Yang terdiri dari sub bab : pengertian prestsi belajar siswa, faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, jenis-jenis prestasi belajar, fungsi prestasi belajar, serta diuraikan pula tentang hubungan kegiatan madrasah diniah pendidikan agama Islam dengan prestasi belajar siswa.
BAB III : Pemaparan hasil penelitian yang terdiri dari : gambaran umum obyek penelitian yang terdidiri dari : sejarah berdirinya MA AL-ANWAR. Pacolgowang Diwek Jombang. Letak geografi, struktur organisasi. Keadaan siswa dan guru, keadaan sarana dan prasarana lokasi denah.
BAB IV : Analisa data.
BAB V : Penutup yang terdiri dari : kesimpulan dan saran.

1 komentar:

  1. kok singkat kali isinya, tapi judulnya skripsi, kan minimal proposal tu sob

    BalasHapus

PUASKAH ANDA DAPATKAN DATA KAMI?

SAMPAH POSTING

Ada kesalahan di dalam gadget ini

GAMBAR

GAMBAR
AKU LG SEDIH